Rawon Nguling, Kuliner Wajib Saat ke Probolinggo

Website MURAH

Rawon Nguling Probolinggo – Apa sih Kuliner Probolinggo yang terkenal? Salah satu jawabannya adalah Rawon Nguling. Itu saya dapat saat mencarinya di tripadvisor saat mau memulai perjalanan dari Bandara Malang menuju Bromo, hendak menyaksikan Eksotika Bromo 2018 dan Yadnya Kasada. Rawon Nguling menempati urutan nomor satu pilihan traveler sebagai tempat makan / rumah makan terbaik di Probolinggo (Best Restaurant in Probolinggo).

Mengikuti Rawon Nguling adalah Sumber Hidup, BeeJay Bakau Resort Restaurant, Rumah Makan Tongas Asri, Warung Kencur, Bebek Goreng Bu Lely, Rumah Makan Taman Air Handayani, Orin Hall & Resto, Rumah Makan Bromo Asri, Cafe lava Hostel. Inilah 10 top restaurant di Kabupaten Probolinggo.

Saat saya lihat lagi saat menulis artikel ini, Ada 29 traveler yang memberi nilai excellent, 79 very good, 47 avarage, 8 poor, dan 4 terrible.

Rawon Nguling Probolinggo - Yopie Pangkey - 10

Rawon Nguling Probolinggo.

Baca ini juga dong: Eksotika Bromo 2018, Gabungan Keindahan Alam dan Keunikan Budaya

Alamat Rawon Nguling Probolinggo

Rawon Nguling Probolinggo berada di Jalan Raya Tambakrejo No. 75, Tambakrejo, Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
Telpon: (0335) 511091
Jam buka: 06:00 – 21:00 wib setiap harinya.

Rumah Makan Rawon Nguling berada di sebelah kiri jalan, kalau kita dari arah Surabaya. Masih di jalan besar, sekitar 15,4 kilometer sebelum Tugu Kota Probolinggo.

Saat kami tiba, banyak mobil parkir di halaman parkir. Bisa 12 mobil parkir maksimal, saya perkirakan. Kalau lebih, bisa parkir sejajar dengan bahu jalan besar.

Oya, sebenarnya kalau dari Malang kita harus memutar jauh untuk mampir di Rumah Makan Rawon Nguling ini sebelum naik ke Sukapura. Tapi karena penasaran dengan rasanya, ya akhirnya kami serombongan sepakat untuk mampir makan makan di sini. Ngoyo banget ya 😀

Presiden SBY Makan Siang di Rawon Nguling Probolinggo - Yopie Pangkey - 5

Presiden SBY Makan Siang di Rawon Nguling Probolinggo.

Presiden SBY Makan Siang di Rawon Nguling Probolinggo - Yopie Pangkey - 6

Pak SBY Pernah Makan di Sini

Saat saya memasuki rumah makan ini, banyak meja terisi. Sekitar meja setengah ruang sudah ada yang mengisi. Kebayang kalau jam makan siang bisa lebih ramai lagi.

Hampir seluruh meja kayunya terdapat 6 kursi kayu, yang semuanya kokoh. Ada nomor meja dan kerupuk, kecap, dan asbak, tisu dan tusuk gigi di setiap meja. Suasana cukup terang, dilengkapi dengan beberapa kipas angit di langit-langit ruangan.

Setelah memesan satu porsi rawon dan es dawet, saya melihat berkeliling. Di beberapa sisi dinding terdapat kumpulan berita koran. Rupanya Presiden RI ke-6, Soesilo Bambang Yudhoyono, pernah mampir di sini. Terkenal juga ya Rawon Nguling ini.

Memang berbeda ya kalau makan Rawon di daerah asalnya. Bahkan di beberapa berita lama, saya baca kalau Presiden RI saat itu, pak SBY, menyempatkan diri dua kali mampir untuk makan Rawon Nguling ini.

Rumah makan yang saat ini dikelola oleh Hj Nikmah ini diwariskan dari neneknya yang dirintis sekitar 75 tahun lalu. Dari dulu sampai sekarang selalu ramai dikunjungi. Dan saya salah satunya yang datang kemari bersama kawan-kawan. Dan baru tahu ada presiden yang sedang aktif menjabat, juga pernah mampir di tempat yang sama.

Menu Rawon Nguling Probolinggo - Yopie Pangkey - 8

Menu di Rawon Nguling.

Menu di RM. Rawon Nguling

Selain rawon, rumah makan ini menyediakan nasi soto ayam, nasi campur, nasi pecel, nasi lodeh, nasi gule, nasi semur daging, nasi krengsengan, nasi semur daging, nasi sambal goreng ati dan nasi garingan. Semuanya adalah nasi yang dicampur dengan menu-menu tersebut. Kalau mau dipisah, kita bisa pesan nasinya dipisah. Atau pesan menu-menu tersebut tanpa nasi.

Karena kami semua penasaran dengan rawon, maka semuanya kompak pesan nasi rawon dan satu orang pesan rawonnya saja tanpa nasi.

Hanya perlu 10 menit dari memesan, hidangan datang ke meja. Terhidang jadi satu dalam satu piring, Rawon Nguling dicampur nasi dan irisan daging sapi rawon dengan sambel terasi dan taoge pendek.

Rawon Nguling Probolinggo - Yopie Pangkey - 2

Nasi Rawon Nguling.

Rawon Nguling Probolinggo - Yopie Pangkey - 4

Rawon tanpa nasi.

Enak banget disantap disaat panas. Daging sapinya lembut gampang dikunyah. Namun ada yang mengganjal, kenapa rawon ini langsung dicampurkan dengan nasi. Saya lupa, kalau di Jawa Timur ini jarang sekali makan dengan kuah yang dipisah. Tidak seperti di daerah-daerah lain yang dipisah di dalam mangkuk khusus.

Kami pun makan nasi rawon, ditambah telur asin, dan empal (daging sapi goreng). Ga lupa ditambah kerupuk yang gurih, menambah nikmat makan malam itu.

Rasa Rawon Nguling ini mantap, pas di lidah saya. Kami semua begitu menikmati kuliner khas Jawa Timur ini.

Harga Rawon Nguling Probolinggo ini kalau ga salah sekitar 20an ribu rupiah, saya lupa. Bukan saya juga sih yang bayar… Harga segitu masih terjangkau kan ya untuk masyarakat umum.

Rawon Nguling Probolinggo - Yopie Pangkey - 1

Rawon enak dimakan dengan telur asin.

Rawon Nguling Probolinggo - Yopie Pangkey - 3

Tempe dan empal.

Rawon Nguling Probolinggo - Yopie Pangkey - 7

Enak juga makan dengan kerupuk.

Jangan lupa baca ini: Warna-warni Yadnya Kasada 2018 di Gunung Bromo

Resep Rawon Nguling

Kuliner khas Jawa Timur ini memang nendang di lidah. Bumbu-bumbu khas Nusantara begitu kental saya rasakan. Lengkuas, kluwek, ketumbar, dan lainnya terasa menyatu saat menyeruput kuah Rawon Nguling ini.

Rawon yang di negara barat disebut dengan “black soup” ini warna kuahnya memang kehitaman. Warna hitam itu dari bumbu utama rawon, yaitu kluwek. Aroma dan rasanya yang khas adalah hasil racikan dengan komposisi yang pas dari bumbu-bumbunya.

Masing-masing peracik dan rumah makan rawon mungkin saja mempunyai rasa yang berbeda. Karena masing-masing memiliki ciri khasnya.

Ga Nyesal Kemari

Memutar cukup jauh, namun pengalaman makan di Rawon Nguling yang legendaris ini cukup memuaskan. Mau ke Bromo lwat Probolinggo ya mampir dulu aja kemari. Atau melintasi Probolinggo menuju Bali melalui darat juga ga ada salahnya untuk mampir makan siang atau makan malam di sini.

Rawon Nguling juga sudah ada di beberapa kota, seperti Malang dan Jakarta. Tapi kalau makan di tempat asalnya tentu akan berbeda. Presiden aja mampir dua kali, masak kamu nggak 😀

Salah satu tanda bahwa rasa rawonnya bisa diterima oleh banyak pengunjung. Jadi, kalau kamu kebetulan sedang berada di Probolinggo, sempatkan datang ke Rawon Nguling ini yah. Kenyang, puas, harga terjangkau.

Source: http://yopiefranz.com

author
No Response

Leave a reply "Rawon Nguling, Kuliner Wajib Saat ke Probolinggo"